PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT


Keamanan yang asal katanya aman adalah suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan. Sedangkan pengertian Ketertiban adalah suatu keadaan dimana segala kegiatan dapat berfungsi dan berperan sesuai ketentuan yang ada.

Pengertian Kamtibmas menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan bahwa pengertian Kamtibmas adalah: Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polri pada dasarnya merupakan segala kegiatan terencana dan berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan per-Undang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan, memelihara dan meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa.

Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menghadapi Pemilu Kada Bupati dan Wakil Bupati Sintang tahun 2015, Sat Binmas Polres Sintang melakukan Tatap Muka Kasat Binmas ke setiap kecamatan Kabupaten Sintang. Kegiatan dimaksud bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif melalui unsur Muspika, Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Toko Agama dan warga masyarakat.

Tanggal 6 Oktober 2015 di Balai Desa Nanga Tempunak Kecamatan Tempunak oleh Kasat Binmas AKP Tolop Saragi



Tanggal 7 Oktober 2015 di Balai Desa Bonet Lama Kecamatan Sungai Tebelian oleh Kasat Binmas AKP Tolop Saragi




Tanggal 12 Oktober 2015 di Gedung Serba Guna Kecamatan Binjai Hulu yang diwakili oleh KBO Sat Binmas Ipda Hariyanto





Tanggal 13 Oktober 2015 di Balai Desa Manis Raya Kecamatan Sepauk yang diwakili oleh KBO Sat Binmas Ipda Hariyanto





Tanggal 14 Oktober 2015 di Gedung Serba Guna Kecamatan Kayan Hulu oleh Kasat Binmas AKP Tolop Saragi





Tanggal 15 Oktober 2015 di Gedung Serba Guna Desa Nanga Mau Kecamatan Kayan Hiliroleh Kasat Binmas AKP Tolop Saragi








Tanggal 15 Oktober 2015 di Balai Gaoh Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai yang diwakili oleh KBO Sat Binmas Ipda Hariyanto









Tidak ada komentar:

Posting Komentar