APEL BESAR DAN BINTEKNIS BHABINKAMTIBMAS

Senin tanggal 16 Februari 2015 Polres Sintang menggelar  Apel Besar Bhabinkamtibmas Polres Sintang Tahun 2015 Dalam Rangka Pelayanan Publik Dan Prima Kepolisian Guna Menciptakan Stabilitas Kamtibmas Di Wilayah Kabupaten Sintang.

Apel Bhabinkamtibmas ini dipimpin oleh Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara yang dihadiri oleh Kapolres Sintang, Dandim 1205 Sintang, Ketua DPRD Sintang, Kepala Satuan Pamong Praja dan Linmas Sintang serta diikuti oleh 100 Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Sintang, Anggota Satuan Brimob Sintang dan Sencom Mitra Polri.

Dalam pegelaran Apel tersebut Bupati Sintang membacakan amanat Kapolres Sintang bahwa Bhabinkamtibmas melalui tugas pokoknya yaitu membina masyarakat agar tercipta kondisi yang kondusif di desa dan kelurahan sedangkan fungsi dan perannya yaitu sebagai pembimbing dan penyuluh di bidang hukum dan kamtibmas dan juga sebagai mediator upaya pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat serta sebagai koordinator upaya pembinaan kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan, babinsa dan pihak-pihak terkait lainnya.

Tujuan dari pelaksanaan tugas bhabinkamtibmas adalah meningkatkan kesadaran, kepatuhan dan ketaatan hukum terhadap peraturan perundang-undangan dan norma hidup yang berlaku di masyarakat sehingga terciptanya situasi dan kondisi yang aman, tertib dan kondusif di wilayah Kabupaten Sintang.

Bhabinkamtibmas harus menyadari eksistensi dan tupoksinya sebagai kepala kepolisian tingkat desa/kelurahan sebagai ujung tombak dalam pencegahan kamtibmas, wajib mengetahui intelegen dasar, kuasai taktis dan teknis kepolisian dan kuasai tempat bertugas dan budaya setempat.

Acara apel ini dirangkai dengan penyematan atribut Bhabinkamtibmas oleh Inpektur Upacara yang diwakili oleh Bripka Soeko Widodo anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tempunak.

Lima hal yang disampaikan kepada seluruh anggota bhabinkamtibmas untuk dipedomani dan dilaksanakan :


  • Pertama: selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan spiritual dalam setiap pelaksanaan tugas;
  • Kedua : jaga dan tingkatkan disiplin, integritas, soliditas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pembinaan sitkamtibmas di wilayah tugasnya;
  • Ketiga : perluas wawasan dan pengetahuan, serta tingkatkan kemampuan, guna menunjang pelaksanaan tugas di lapangan;
  • Keempat : tingkatkan terus kewaspadaan, agar selalu siap menghadapi segala bentuk gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi di tempat bertugas;
  • Kelima : perkuat jalinan kerja sama dan koordinasi secara intensif dengan aparat desa, forum Kemitraan, tomas, toga, toda dan todat di desa/kelurahan;





Tidak ada komentar:

Posting Komentar